MAKNA TUT WURI HANDAYANI

semboyan Tut Wuri Handayani? itu adalah penggalan kalimat terakhir yang dikemukakan oleh bapak pendidikan Indonesia Ki Hajar Dwantara mengenai nilai-nilai pendidikan dan pengajaran di Indonesia. semboyan lengkapnya adalah Ing Ngarso Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. sebagai semboyan yang menjadi dasar pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

Sejarah

Pembuatan semboyan pada mulanya bertujuan membuat persaingan kepada pendidikan kolonial saat itu. Pencetus pertama dan pembuatnya adalah Raden Soewardi Soerjaningrat alias Ki Hajar Dewantara.

makna dari semboyannya adalah sebagai seorang pendidik, guru harus dapat memberikan teladan, dorongan, dan arahan. Adapun kedua penggalan lainnya Ing Madya Mangun Karsa memiliki arti di tengah membimbing, memotivasi, memberikan semangat, dan menciptakan kondisi pembelajaran yang mendukung dan kondusif. Sedangkan untuk Ing Ngarsa Sung Tulada yaitu di depan, seorang pendidik atau guru mampu memberikan contoh tindakan yang baik dan bermoral.

contoh pelaksanaanya dalam kehidupan sehari-hari.

Ing Ngarso Sung Tulodo, yang berarti di depan memberikan contoh atau teladan.

Ing Madyo Mangun Karso, yang berarti di tengah membimbing, memotivasi, dan memberikan semangat.

Tut Wuri Handayani, yang berarti di belakang memberikan dorongan. 

Arti dan Makna Lambang

  1. Bidang Segi Lima (Biru Muda) menggambarkan alam kehidupan Pancasila.
  2. Semboyan Tut Wuri Handayani digunakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Pencantuman semboyan ini berarti melengkapi penghargaan dan penghormatan kita terhadap almarhum Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya telah dijadikan Hari Pendidikan Nasional.
  3. Belencong Menyala Bermotif Garuda Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunakan pada pertunjukan wayang kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukan menjadi hidup.
  4. Burung Garuda (yang menjadi motif belencong) memberikan gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap garuda digambarkan masing-masing lima, yang berarti: ‘satu kata dengan perbuatan Pancasilais’.
  5. Buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Arti Warna dalam Lambang Tut Wuri Handayani

Adapun arti warna dalam lambang Tut Wuri Handayani adalah sebagai berikut.

  1. putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berarti suci, bersih tanpa pamrih.
  2. Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan dan keluhuran pengabdian.
  3. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam (pandangan hidup Pancasila).

BACA JUGA: PENGERTIAN, JENIS DAN FUNGSI WEBSITE

Tinggalkan Balasan